Register and get $ 10,000 on a demo account for learning to trade Register

8 Cara Membangun Konten Viral Yang Menarik

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

  

Tahukah Anda?

Syarat terpenting agar konten yang Anda buat bisa menjadi viral adalah yang layak untuk orang bagikan. Semakin banyak orang yang ingin membagikan konten yang Anda buat, itu berarti akan semakin besar juga peluangnya untuk menjadikannya konten yang viral.

Membangun konten viral tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan! Sebenarnya, tidak ada aturan yang spesifik tentang bagaimana cara membangun konten viral. Dan tentunya tidak ada cara yang pasti untuk membangun konten bisa menjadi viral.

Namun masih ada keunikan yang sama yang dimiliki sebagian dari konten viral. Hal ini dapat memberikan Anda pengetahuan baru tentang bagaimana cara membangun kontek viral yang menarik. Pada kesempatan yang baik ini, saya akan membagikan beberapa cara untuk membangun konten viral yang menarik.


Bangun Judul Yang Memukau

Agar bisa memperoleh perhatian dari khalayak ramai, komponen penting yang perlu Anda perhatikan adalah sebuah judul yang memukau. Judul sebuah konten adalah hal utama yang pertama kali dilihat oleh orang, maka Anda harus membangun judul yang memukau perhatian banyak orang. Hal tersebut agar mendorong pengunjung bisa dengan mudah membaca konten yang sudah kamu buat

Berikut adalah cara untuk membangun judul yang memukau untuk konten Anda :
  • Gunakan angka dalam judul konten Anda agar mendapatkan lebih banyak klik.
  • Ajukan pertanyaan yang bisa dipahami audiens Anda.
  • Bangunlah judul dengan kalimat singkat tapi bisa dimengerti oleh para pengunjung
  • Gunakan frasa yang memukau.
  • Gunakan keyword yang tepat.

Menulis judul yang memukau tentunya menjadi bagian paling penting dalam membangun konten yang viral. Dan itulah mengapa Anda harus memberi perhatian khusus pada judul konten yang akan Anda buat sebelumnya.

Bangun Konten Yang Singkat

Hal ini salah satu dari cara lainnya yang perlu Anda perhatikan juga. Konten yang singkat tentunya akan lebih mudah dipahami oleh para pengunjung yang membaca konten Anda. Dengan begitu, konten yang Anda buat akan semakin banyak juga orang yang membagikannya dan akan memberikan peluang bagi konten Anda untuk menjadi viral. 

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan konten yang panjang, namun konten yang terlalu banyak teks dapat membuat orang kehilangan minat untuk membacanya. Oleh sebab itu, buatlah konten yang singkat namun bisa dipahami oleh orang yang membacanya.

Pilih Visual atau Gambar yang Sesuai

Sejak dulu, sebagian besar konten viral menjadi familiar disebabkan karena menggunakan visual atau gambar yang sesuai. Meskipun tulisan juga penting untuk menjadikannya viral, namun dengan tambahan visual atau gambar yang sesuai dapat mendorong keikutsertaan para pengunjung lebih banyak untuk membagikan konten yang Anda buat tersebut.

Untuk membangun konten artikel blog, visual atau gambar yang baik bisa Anda letakkan di bagian header. Gambar ini akan mewakili konten Anda saat Anda membagikannya di media sosial. Tentunya hal ini akan membuat orang yang melihatnya tidak sabar untuk segera mengkliknya.

Selain itu, visual atau Gambar yang Anda selipkan di dalam konten artikel juga akan menambah kredibilitas sebuah konten tersebut.

Share Konten Di Media Sosial

Cara paling efektif memudahkan para pengunjung untuk membagikan konten Anda ke media sosial adalah dengan mulai mengintegrasikan tombol berbagi ke media sosial di dalam konten Anda.

Tombol berbagi ini memungkinkan para pengunjung dapat dengan cepat dan mudah membagikan konten yang mereka sukai ke media sosial favorit mereka. Selain itu, mereka juga bisa share informasi konten Anda ke teman mereka melalui email hanya dengan beberapa klik saja. 

Namun meskipun begitu, memasukkan terlalu banyak tombol berbagi di dalam artikel Anda akan membingungkan para pengunjung. Oleh sebab itu, silahkan gunakan tombol berbagi secukupnya di setiap konten yang paling relevan.

Dapat Diakses di Berbagai Platform

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah konten website Anda selalu dapat diakses dengan baik di semua platform yang sudah terhubung dengan internet. Namun jika Anda ingin memberikan prioritas ke salah satu platform, Anda bisa memilih platform media seluler.

Perlu Anda ketahui, jalur lalu lintas (traffic) platform media seluler saat ini sudah melebihi jalur lalu lintas media desktop. Oleh sebab itu, situs website Anda harus bisa dinavigasi dengan mudah di berbagai platform termasuk di layar yang berukuran kecil sekalipun. 

Supaya konten Anda mudah untuk diakses, pilihlah tema yang responsif, ukuran teks tidak begitu kecil, tata letak yang sesuai, tifografi yang tepat dan lain sebagainya. 

Bangkitkan Emosi Pengunjung

Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk membangun konten viral adalah buatlah sesuatu hal yang bisa membangkitkan emosi para pengunjung.

Supaya Anda sukses dengan membangun konten yang viral, Anda harus memahami terlebih dahulu arti psikologi sebuah konten viral. Menumbuhkan semangat para pengunjung untuk men-share konten yang Anda buat, tentunya Anda memerlukan konten yang bisa membuat atau menyulut reaksi emosional para pengunjung. 

Oleh karena itu, Anda harus memposting konten yang bisa membangkitkan emosi sehingga mereka tidak segan-segan untuk membagikannya di media sosial mereka tanpa berpikir panjang.

Topik atau judul konten yang banyak dibicarakan oleh orang kebanyakan adalah topik yang lucu dan unik, luar biasa, keterlaluan, kontroversial dan lain sebagainya. Meskipun demikian, reaksi atas konten viral tidak selalu mendapatkan respon yang positif, namun kunci dari sebuah konten viral adalah dapat membangkitkan emosi para pengunjung.

Berikan Sumber Terpercaya

Saat ini sudah banyak artikel blog yang berkedok sebagai situs website berita, namun konten artikel yang dibuat hanya menerbitkan imajinasi liar yang jauh dari hal nyata. Meskipun para pengunjung menikmati konten viral seperti halnya sebuah hiburan, bukan berarti kredibilitas sebuah konten itu tidak penting.

Salah satu cara paling efisien untuk menumbuhkan kredibilitas konten yaitu dengan mengistilahkan pemberi pengaruh paling penting Anda dan mengutip sumber terpercaya dari situs mereka.Jangan takut untuk memasukkan link yang paling berpengaruh dari tempat lain di Internet ke dalam artikel Anda.

Publikasikan Konten di Waktu yang Tepat

Hal lainnya yang mesti kamu perhatikan untuk membangun konten viral adalah mempublikasikan konten yang Anda buat di waktu yang paling tepat. Berdasarkan data dari website Sprout Socialwaktu paling tepat untuk mempublikasikan konten Anda di media sosial adalah di antara jam 9 pagi hingga jam 3 sore selama hari dan jam kerja. Tetapi, jadwal ini tematik tergantung platform media sosial dan instansi Anda

Waktu Paling Tepat Memposting di Facebook :

Waktu Paling Tepat Memposting di Instagram :

Menurut informasi dari data diatas, hari Rabu merupakan hari paling bagus untuk mempublikasikan konten artikel Anda. hal ini agar Anda bisa mendapatkan keterlibatan dari para pengunjung secara lebih maksimal. 

Oleh karena itu, selalu ingatlah kapan waktu yang tepat kamu mempublikasikan konten kamu agar bisa mendapatkan respon yang baik juga. Karena hanya dengan membuat konten viral saja itu tidaklah cukup.

Kesimpulan
Ternyata membangun konten viral tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan Anda lakukan untuk mengambil sasaran paling bagus dalam membangun konten viral. Gunakan cara paling efektif ini untuk membangun konten viral yang akan disukai dan dibagikan oleh pengunjung situs website Anda.

Perlu Anda ingat! Sebelum Anda membangun konten viral, hal paling utama yang tidak boleh Anda lupakan adalah platform untuk membangunnya yaitu layanan web hosting. Dengan adanya hosting, Anda dapat mengonlinekan situs Anda dan dari sinilah tempat dimana Anda dapat membangun konten - konten Anda yang viral.

Namun dalam memilih layanan hosting juga tidak boleh asal-asalan ya. Pilihlah layanan hosting terbaik yang dapat memenuhi segala kebutuhan Anda untuk membangun situs website impian Anda.

Namun dalam memilih layanan hosting juga tidak boleh asal-asalan ya. Pilihlah layanan hosting terbaik yang dapat memenuhi segala kebutuhan Anda untuk membangun situs website impian Anda.

Sekian informasi yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda !

Posting Komentar