Register and get $ 10,000 on a demo account for learning to trade Register

Langkah Mudah Membangun Kepercayaan Diri Anda

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated


Setiap orang memang memiliki rasa percaya diri yang berbeda-beda. Ada yang merasa percaya dirinya tinggi namun ada juga yang sebaliknya. Rasa percaya diri memang kadang bisa kapan saja tumbuh pada diri seseorang, tapi jika kepercayaan diri itu tidak dijaga dengan baik, maka semua itu akan sia-sia.

Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang merasa punya kekurangan dalam hal percaya diri atau sering minder, berikut di bawah ini adalah 7 tips psikologi yang dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda :

1. Hadapi ketakutan Anda

Masing masing orang pasti punya ketakutan tersendiri dalam hidupnya, tapi hal itu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Rasa takut akan membuat Anda berada dizona aman dan menghindari resiko rasa sakit fisik, mental dan juga emosional. Padahal tanpa hal itu tubuh dan otak Anda bisa menjadi lemah.


Ketakutan bisa juga membatasi Anda dalam menggunakan bakat dan kemampuan Anda yang ada dalam diri Anda. Untuk itu coba eliminasi rasa takut dan pikiran negatif. Tanamkanlah dalam hati bahwa tidak ada yang mampu mendatangkan kebaikan atau keburukan sekecil apapun kecuali dengan izin Tuhan yang Maha Esa.

2. Bangun kekuatan diri Anda


Trik psikologi untuk Anda yang kurang percaya diri lainnya adalah dengan cara membangun kekuatan diri. Hal itu bisa dilakukan dengan memberanikan diri memulai hal apapun termasuk dalam pekerjaan, bersosialisasi dan sebagainya.

Karena hal tersebut bisa memberikan kesan yang positif, jika kita semakin mengenal banyak orang itu bisa dijadikan kesempatan bagi kita untuk bisa mendefinisikan diri dilingkaran sosial yang baru. Maka dari itu cobalah untuk bisa lebih terbuka lagi kepada orang lain dan melebarkan pertemanan Anda di banyak lingkup sosial.

3. Menolong orang lain


Dengan banyak membantu orang lain ternyata bisa meningkatkan kepercayaan diri juga loh. Menolong orang lain dapat memberi Anda tujuan, meningkatkan keterampilan sosial, menghilangkan stress dan menyuntikan hal positif kedalam hidup Anda.

Dengan membantu orang lain apalagi menunjukan rasa kasih sayang seperti memeluk seseorang, tubuh Anda akan melepasakan hormon oksitosin atau hormon kasih sayang yang akan mengurangi stress dan meningkatkan kepercayaan diri.

4. Melakukan kontak mata


Komunikasi yang baik merupakan hal krusial bagi semua orang didalam sebuah lingkup sosial. Oleh sebab itu ahli psikologis sering mengungkapkan bahwa melakukan kontak mata alias melihat pada lawan bicara adalah sesuatu hal yang wajib dalam sebuah percakapan.

Namun jika Anda menghindari kontak mata, itu menandakan bahwa Anda tidak memiliki rasa percaya diri. Jadi cobalah untuk tetap mempertahankan kontak mata dengan lawan bicara Anda, tentu hal tersebut akan membantu Anda mendapatkan kepercayaan diri dilingkungan sosial.

5. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain


Siapa nih diantara kalian yang masih suka membandingkan diri sendiri dengan orang lain? sebaiknya mulai dikurangi yaa ! Sebab jika Anda merasa hidup orang lain terlihat lebih baik dari hidup Anda, itu bisa melemahkan kepercayaan diri Anda. Hal ini bisa terjadi karena Anda akan cenderung subjektif menilai diri seseorang, kita jadi berfikir kalau orang lain lebih baik dan membuat diri sendiri seakan tidak berbuat atau bukan apa-apa.

Ingatlah bahwa setiap manusia memiliki latar belakang yang berbeda, pengalaman yang berbeda, dan takdir yang tidak mungkin untuk dibandingkan satu sama lain. Selain itu bagaimana cara Anda menikmati hidup dengan bahagia dan apa adanya adalah harga mahal yang tidak semua orang bisa lakukan.

6. Memaafkan diri sendiri dan orang lain


Setiap orang pernah melakukan kesalahan. Namun, bila Anda terus-terusan menyesali kesalahan dan tidak bisa move on. Anda akan terus dihantui oleh rasa bersalah dan selalu merasa minder, maka dari itu Anda harus belajar untuk memaafkan diri sendiri atau orang lain yang pernah menyakiti Anda. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus untuk menata masa depan dengan lebih percaya diri.

7. Berpenampilan percaya diri


Trik terakhir yang paling mudah dan bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah penampilan agar terlihat seperti orang yang percaya diri. Hal itu bisa Anda lakukan dengan berpakaian dengan baik dan rapi sesuai dengan situasi dan kondisi.

Berjalan dengan tegak juga bisa menjadikan Anda terlihat percaya diri, dengan begitu orang-orang disekitar akan melihat Anda sebagai sosok yang berbeda. Bahkan menurut sebuah penelitian, Bahasa tubuh seperti orang yang percaya diri secara tidak langsung akan mengurangi tingkat stress loh.

Nah itulah tadi 7 langkah mudah yang dapat meningkatkan kepercayaan diri yang bisa sobat-sobat terapkan. Jangan berhenti melatih rasa percaya diri dan bangkitlah menjadi pribadi yang lebih kuat.

Pertanyaan
"Hal apakah yang masih membuat Anda sering merasa tidak percaya diri?" Silahkan masukkan komentar sobat-sobat dibawah ya!

Posting Komentar